Anak Muda Mesum, Ini Dia Akar Masalahnya…

0
51
As'ad SKom MPd

MALANGVOICE – Menanggapi maraknya aksi mesum remaja, As’ad SKom MPd, pembimbing konseling IAI Ibrahimy Situbondo dan Universitas Darul Ulum Jombang, ada dua faktor penyebab utama. Pertama faktor dari oknum, dan yang kedua tidak adanya dukungan sistem.

“Dalam hal ini dukungan sistem adalah norma, aturan, bahkan petugas atau pihak yang bertanggung jawab,” tutur pria asli Malang ini kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Dikatakan, yang harus diusahakan sebagai solusi, paling tidak menyelesaikan salah satu akar permasalahan, karena menghilangkan dua akar permasalahan sekaligus tergolong sulit.

“Pertama, amankan oknumnya, beri pemahaman budi pekerti melalui konseling. Datangkan guru dan orang tuanya, untuk efek jera. Dalam hal ini tindakan asertif dirasa paling tepat,” tutur alumnus Universitas Negeri Malang ini.

Lainnya adalah perbaikan sistem. “Usahakan ada patroli. Menurut saya, pemasangan kamera CCTV di tempat umum bukanlah hal sulit bagi pemkot Kota Malang.

Tidak adanya sistem yang mengamodasi ketertiban dan keamanan akan mendorong oknum berbuat mesum. Lebih buruk, kriminalitas!” tandasnya.