Anak Kos Jangan Bingung, Ini Dia Menu Sehat untuk Sahur…

0
66
Menu sahur hangat (anja)

MALANGVOICE -Anak kos juga bisa sahur sehat. Tidak melulu mie instan!

Berikut ada lima makanan yang bisa menggantikan mie instan sebagai menu santap sahur di kos-an, rekomendasi Amalia Achmad RS MD, seorang dietitian yang tinggal di Perumahan Griya Santha, seperti dirangkum MVoice sebagai berikut:

1. Abon

Abon merupakan pilihan yang tepat untuk disantap saat sahur bersama dengan nasi panas. Saat ini sudah hadir beragam pilihan rasa abon, mulai dari abon ayam, lele, tuna, tongkol, belut, juga udang. Campur berbagai macam abon itu dalam satu piring supaya menghasilkan varian rasa yang berbeda.

2. Makanan Kaleng
Inovasi kuliner yang berkembang pesat membuat makanan kaleng bukan hanya sarden dan kornet. Sekarang sudah ada rendang kaleng, opor kaleng, juga gudeg kaleng. Semuanya bisa ditemukan di toko online atau surpermarket besar.

3. Roti
Pilih roti gandum yang memiliki banyak serat. Kombinasikan roti gandum dengan selai buah, cokelat, atau kacang. Disarankan lebih bagus menggunakan selai kacang karena kandungan karbohidrat dan lemak yang ada pada selai kacang mampu membuat perut kenyang lebih lama. Jika ingin membuat roti bakar tanpa kompor, gunakan setrika untuk membuat roti yang kecoklatan dan sedikit garing.

4. Sereal dan Oatmeal
Untuk santap sahur yang lebih sehat, makan sereal dan oatmeal. Sereal dan oatmeal adalah alternatif lain untuk santap sahur sehat. Di dalamnya, terkandung beragam vitamin A, B6, B12, dan D. Oatmeal, yang bisa menjadi sumber energi, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.

5. Buah-buahan
Buah yang direkomendasikan untuk makan sahur adalah pisang dan alpukat. Pisang mengandung kalium, magnesium, karbohidrat, vitamin dan mineral. Daging pisang yang lembut berfungsi untuk melapisi dinding lambung dan usus serta menjadi lapisan anti radang. Sedangkan alpukat yang mengandung vitamin A, C dan E. Alpukat mengandung kalori, protein, lemak dan minyak yang tinggi. Sehingga dapat menjadi sumber energi melimpah yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.