Amankan Pilkada Batu, Polda Turunkan Kekuatan Langsung

0
42
Pelaksanaan audiensi KPU dengan Polres Batu (fathul)

MALANGVOICE – Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata, tak mau kecolongan terkait pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kota wisata 2017 nanti.

Karena itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Jatim untuk ikut mengamankan Kota Batu. Bahkan Leonardus berencana mengadakan sistem pengamanan kota (Sispamkota) secara kolosal, dengan skenario pengamanan ‘real’, bukan hanya simulasi.

“Kapolda, Wakapolda, dan pejabat Polda lain akan hadir langsung di Batu. Ini bukti keseriusan kita melaksanakan pengamanan di sini, karena apapun gejolak yang terjadi, akan terpantau secara nasional,” imbuh Kapolres, saat menerima KPU dalam audiensi, beberapa menit lalu.

Dalam simulasi awal, Kapolres juga akan menunjukkan pengamanan di setiap tahapan Pilkada. Mulai dari pemilihan PPK dan PPS pertengahan Juni ini, sampai pelantikan wali kota terpilih pada Februari 2017 mendatang.

Kekuatan Polres akan didukung pasukan anti huru hara (PHH), Brimob, pasukan pangkal dan pengurai massa, Barakuda, dan watercanon yang semuanya dari Polda, termasuk Dalmas Polda juga akan siaga di sini.

“Kejadian Sekretariat KPUD didemo dan dilempari bom molotov di daerah lain pernah terjadi. Kami akan melindungi dan mengamankan para penyelenggara Pemilu, karena mereka representasi regulator undang-undang,” tandas Kapolres.