Alhamdulillah… Kota Malang Kembali Raih Piala Adipura

1
54
Wali Kota Anton menerima Adipura.

MALANGVOICE – Kota Malang kembali mendapat Piala Adipura Kencana, sebuah penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Wali Kota Malang, HM Anton, menerima langsung piala Adipura dari Menteri LH, Siti Nurbaya, di Hotel Bidakara, Jakarta, malam ini.

Dalam anugerah bertema ‘Paradigma Baru dan Inovasi untuk Pembangunan Berkelanjutan, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menekankan pentingnya kebersihan dan fasilitas umum yang baik.

“Kebersihan dan fasilitas umum yang baik untuk masyarakat menjadi hal penting yang harus diperhatikan daerah,” tegas Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Dikatakannya, budaya kebersihan jangan diukur berdasar piala, tapi harus benar melembaga di tengah masyarakat, dan diwujudkan dalam bentuk partisipasi aktif warga.

“Bahkan saya tekankan agar Pemda menerbitkan Perda yang mengatur kewajiban warganya untuk menjaga kebersihan selokan di depan rumahnya,” imbuhnya.

Sementara Menteri LH, Siti Nurbaya, mengatakan, Adipura Kencana merupakan penghargaan untuk kategori nilai kebersihan di atas strata adipura.

Tak hanya Piala Adipura, pada kesempatan yang sama Pemkot Malang juga menerima plakat taman terbaik dengan taman andalannya Alun-alun Merdeka.

“Selain Adipura, Pemkot juga mendapat anugerah taman terbaik, dan itu merupakan prestasi tersendiri,” tutur Kepala Bagian Humas Pemkot, Nurwidianto, kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Piala Adipura akan diarak keliling langsung oleh Wali Kota, setiba di Kota Malang, Selasa (23/11) pagi.