Album ‘Gonjang Ganjing’ Anto Baret Lengkapi MMI

0
145
Hengki Herwanto dan Rudi Kurnianto menunjukkan CD album Gonjang Ganjing.

MALANGVOICE-Hari ini bertambah lagi koleksi rekaman di Museum Musik Indonesia (MMI), setelah semalam, sebuah album Anto Baret diserahkan Rudi Kurnianto kepada MMI.

Rudi yang dikenal sebagai owner God Bless Cafe itu, beberapa hari sebelumnya memang bertemu Anto Baret yang baru melaunching album bertajuk ‘Gonjang Ganjing’.

Anto Baret merupakan musisi asal Malang yang merintis karier di Jakarta dan membentuk KPJ (Kelompok Penyanyi Jalanan) yang kemudian melahirkan Warung Apresiasi Bulungan di Blok M, Jakarta.

Album terakhir dari arek jebolan ITN Malang itu berisi 9 lagu-lagu yang keseluruhan syairnya mengkritisi kondisi negeri ini. Cover CD bergambar sang Dwi Warna yang perkasa.

Beberapa musisi kondang seperti Toto Tewel, Eko Paritur, Budi Cilok dan Sinta Priwit turut mendukung album ini.

Kalaupun ada kritik, pada lembaran cover CD tidak ditemukan adanya penjelasan tahun berapa album ini dirilis. Ini kebiasaan lama yang terjadi sejak zaman produksi piringan hitam dan kaset di tahun 1950-an.

“Bagi sebuah museum, data itu jelas sangat penting, untuk pendataan yang akurat atas sebuah koleksi,” tutur Hengki Herwanto, pimpinan MMI.