Agar Ujian Nasional Lancar, Ikuti Tips Ini

0
13
ujian (anja)

MALANGVOICE – Pelaksanaan UN semakin dekat. Agar tidak terjadi hal-hal yg tak diinginkan, ada baiknya baca terlebih dulu tips-tips yang dirangkum MVoice dari Putri Pangestu, guru salah satu Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Malang.

“Menjelang hari pertama UN, tidur lebih cepat dari biasanya, agar kondisi tubuh bugar dan tidak mengantuk ketika mengerjakan soal-soal ujian. Kalau ngantuk, konsentrasi bakal buyar,” katanya.

Ia menyarankan siswa mempersiapkan lagi semua peralatan tulis menulis yang akan digunakan ketika ujian. Selain kartu ujian, pastikan sudah memiliki pensil 2B, penghapus pensil, rautan pensil, pulpen, penggaris dan alas.

“Kalau perlu, siapkan juga jam tangan untuk menghitung waktu ujian di kelas,” tambahnya.

Pada hari ujian, sebaiknya siswa bangun pagi-pagi, agar tidak terlambat. Usahakan tiba di sekolah setidaknya 30 menit sebelum ujian dimulai.

“Jangan lupa sarapan dan meminta restu kedua orangtua, sebelum berangkat sekolah,” tuturnya.

Sebelum mengerjakan, hendaknya berdoa dahulu, agar lancar selama mengerjakan. Dan ketika sudah menerima soal, teliti berkas soal. Pastikan tidak ada soal yang kurang atau rusak.

“Ini penting, jangan sampai salah menuliskan data diri dan kode soalmu di lembar jawaban, cek kembali lembar jawaban. Jangan sampai ada kolom identitas lupa terisi,” tandasnya.

Sebelum mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas, pastikan sudah menjawab semua soal ujian. Yang lebih penting, pastikan juga data diri seperti nama, nomor ujian, kode sekolah, dan kode soal telah benar.

“Terakhir, pastikan lembar jawaban itu telah diterima pengawas sebelum meninggalkan ruang ujian,” tutupnya.