Ada Kejanggalan di Balik Anjloknya Nilai UNBK, Benarkah?

0
468
Chandra/paling kiri (anja)

MALANGVOICE – Penurunan Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK/MA di Kota Malang menimbulkan berbagai spekulasi apa yang menjadi penyebab anjloknya nilai sebagian mata pelajaran, khususnya matematika. Di MAN 3 Malang misalnya, pihak sekolah sangat terkejut dengan hasil UNBK siswa.

“Nilai matematika di MAN 3 kemarin masih banyak yang di bawah standar, bahkan tidak lulus. Ada yang dapat nilai 7.5 dari skala nilai 100. Lho ya ini berarti siswa cuma bisa mengerjakan 3 soal saja. Kok tidak masuk akal. Bahkan di sekolah lain, terutama yang UNBK nilainya anjlok lho,” kata Chandra Achmady, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementrian Agama Kota Malang, kepada MVoice.

Menurut dia, hal itu janggal sekali. Guru mata pelajaran matematika yang mengaku sudah mempersiapkan siswa bahkan kaget dan heran.

“Mungkin ada indikasi human error ata kesalahan dipengadaan soalnya. Bisa juga di kunci soalnya yang kurang tepat. Masih banyak kemungkinan lain,” katanya.

Segera, ia berkoordinasi dengan satuan pendidikan, MAN 1 dan MAN 3 Malang untuk mencari tahu letak kesalahannya.

“Tapi kalau memang tidak ada error, dan memang nilai anak-anak yang jelek, ya kita ikut aturan berlaku. Anak-anak bisa memilih ikut ujian perbaikan. Kasihan mereka kalau nilainya tidak bisa diperbaiki nanti susah masuh perguruan tinggi,” kata dia