Ada Indikasi Titipan ke Sekolah Favorit, Sutiaji: Pagu harus Jelas!

0
47
Wawali Kota Malang Sutiaji
Wawali Kota Malang Sutiaji

MALANGVOICE – Aksi titip-titipan siswa yang dilakukan orang tua kepada pejabat agar anakya bisa masuk ke sekolah favorit, cukup meresahkan publik.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, ada berbagai cara untuk menutup tindakan itu, salah satunya penetapan pagu sekolah yang tegas.

Ia menjelaskan, jika sekolah A mempunyai pagu tertentu, maka sekolah itu harus konsiten dan tidak menambah kelas, sehingga jika hal itu terjadi bukan tidak mungkin titip-titipan akan terjadi

Selain itu, jalur prestasi harus diawasi dengan baik, bisa saja terjadinya kebocoran siswa itu lewat jalur tersebut,” tukasnya.

Sutiaji juga menjelaskan, jalur prestasi merupakan cara agar siswa yang nilai Ujian Nasional (UN) jeblok pada periode sebelumnya bisa mengenyam pendidikan di sekolah favorit, asal memiliki prestasi yang baik tingkat regional atau nasional.

Saat saya jadi anggota dewan dulu, jalur prestasi saya usulkan, yang penting jangan sampai disalahgunakan oleh verifikator,” ungkapnya.

Selain itu, sekolah swasta sendiri harus meningkatkan mutu dan kualitas, sehingga masyarakat bisa memiliki pilihan untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah swasta.