800 Lebih Warga Wagir Padati Baksos Ika Spensa Malang

0
43
800 Lebih Warga Wagir Padati Baksos Ika Spensa Malang
800 Lebih Warga Wagir Padati Baksos Ika Spensa Malang

Oleh: Maulyadi Salasanto

MALANGVOICE – Ikatan Alumni SMP Negeri 1 (Ika Spensa) Malang kembali menggelar Bakti Sosial. Kali ini bertajuk pengobatan gratis dan penyaluran sembako, di kediaman Kepala Desa Petung Sewu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, hari ini. Lebih dari 800 warga hadir memadati kegiatan itu.

Kustomo (32), Kepala Desa Petung Sewu, mengapresiasi kegiatan itu. Ia berharap kegiatan tidak hanya sukses bagi panitia, tapi juga bermanfaat bagi warga Desa Petung Sewu.

“Perubahan cuaca menjadi penyebab banyak warga membutuhkan bantuan kesehatan. Saya berharap kegiatan ini bermanfaat, apalagi kegiatan pengobatan gratis, baru kali ini diadakan di Petung Sewu,” ungkapnya.

Sementara Hari Paratomo (55), ketua pelaksana, mengatakan, pengobatan gratis terbuka untuk umum, baik warga Petung Sewu maupun sekitarnya. Sebanyak 25 dokter menangani Poli Umum, Poli Gigi, Poli Mata, Poli Anak, Poli Kandungan, dan THT.

Untuk penyaluran sembako diberikan kepada 250 warga Petung Sewu yang membutuhkan, sesuai data dari Kepala Desa.

“Sebagian besar warga menderita penyakit umum, seperti demam dan gangguan lainnya. Beberapa yang spesifik dan bisa ditangani langsung ditangani. Jika tidak, diajukan bantuan pengobatan segera ke rumah sakit, seperti anak yang tidak memiliki anus, akan diajukan operasi segera ke rumah sakit. Kalau penyaluran sembako langsung diserahkan ke rumah warga” ujarnya.

Alumni angkatan 76 itu mengaku, ada banyak kendala dalam melakukan kegiatan. Ketersediaan tenaga medis, dana, dan data pasien menurutnya menjadi kendala utama. Harapannya, dari sudut sosial akan terus terselangara kegiatan seperti itu.

Sedang Erlangga Satriagung (57), Ketua Ika Spensa Malang, memaparkan, organisasinya merupakan ikatan alumni yang berkonsentrasi pada masalah sosial. Tujuannya untuk membantu kegiatan pemerintah. Kegiatan yang diadakan merupakan bentuk kepedulian alumni yang memiliki latar belakang berbeda, termasuk pengisi kegiatan, baik dokter maupun tenaga lainnya berasal dari Ika Spensa Malang.

Kegiatan baksos di Petung Sewu merupakan program kedua Ika Spensa Malang, yang sebelumnya pernah diadakan pula di Kota Batu. “Saya berharap Ika Spensa terus menjadi paguyuban yang berfokus pada masalah sosial dan terus membantu masyarakat,” tutupnya.

*)Humas Kegiatan