700 Mahasiswa Asia Unjuk Profesionalisme di Business Practice 1

0
53
Asia Got Talent
Peserta Asia Got Talent menunjukkan bakat ilusionis. Kompetisi pencarian bakat diikuti 11 peserta. (Shuvia)

MALANGVOICE – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) atau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Asia, menggelar Asia Business Practice (BP) 1 di @MX Mall mulai Jumat (22/1) lalu hingga Minggu (24/1) besok.

Dalam kegiatan itu, digelar beberapa lomba untuk pelajar tingkat SMA dan sederajat di Malang Raya.

Ketua STMIK-STIE ASIA, Ir Teguh Widodo menjelaskan, event tersebut merupakan bagian dari mata kuliah business practice semester pertama. Event yang telah digelar rutin dalam tiga tahun terakhir itu melibatkan 700 personel panitia yang terdiri dari mahasiswa semester 1.

“Business practice adalah mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa dalam empat semester awal. Tiap semester, materinya berbeda. Nanti di semester kedua difokuskan pada marketing,” jelas Teguh saat ditemui MVoice di lokasi acara beberapa menit lalu.

Business practice menekankan pada project based learning, dimana mahasiswa tidak hanya diajari teori namun juga praktek lapangan. Melalui konsep tersebut, gap antara teori dan praktek bisa dikurangi dan lulusan STMIK-STIE ASIA memiliki nilai lebih dalam hal skill.

“Agar jarak akademis dengan dunia kerja semakin sempit sehingga lulusan bisa menjadi profesional yang bisa diterima di dunia kerja,” kata Teguh.

Rangkaian kompetisi pelajar yang digelar di Business Practice ini antara lain Mr & MRS Youth ASIA 2016, ASIA Got Talent dan Costplay competition.

“Dari 150 undangan ke sekolah yang kita sebar, 60 persennya ikut ambil bagian dalam acara ini. Bahkan ada beberapa sekolah yang mengirimkan delegasi untuk beberapa lomba sekaligus,” pungkas dia.