6 Tips Mencukur Tepat dan Anti Iritasi

0
129
Pria Bercukur (istimewa)
Pria Bercukur (istimewa)

MALANGVOICE – Pria seringkali merasa sakit pada saat atau sesudah bercukur. Nah, dengan teknik bercukur yang benar, produk berkualitas, dan melakukan perawatan kulit pasca-cukur dapat membantu Anda menghindari ataupun mengurangi luka, benjolan, dan iritasi karena pisau cukur.

Berikut tips cukur tanpa iritasi yang dirangkum MVoice dari Sinta Nur SpKK, dokter kulit yang praktek di Jl Candi Mendut

1. Pastikan Bahwa Janggut Atau Kumis Yang Akan Anda Cukur Benar-Benar Basah.

Salah satu kunci agar kulit tidak terkena iritasi adalah dengan membasahi janggut atau kumis yang akan Anda cukur. Rambut, janggut, atau kumis yang basah mampu menyerap kelembaban hingga 30% dari biasanya. Rambut yang basah akan lebih lemas sehingga akan memudahkan untuk mencukurnya.

2. Gunakan Gel Atau Krim Cukur Yang Berkualitas.

Gunakan krim cukur yang berkualitas yang mengandung Blue Phyto Complex tinggi. Krim cukur yang bagus akan menghasilkan busa krim yang lembut. Fungsi utama krim cukur ini sebenarnya untuk melumasi wajah dan daerah yang akan dicukur agar pisau cukur dapat meluncur mulus dipermukaan kulit Anda.

3. Gunakan Sikat Cukur Yang Bersih.

Sikat cukur yang bersih dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bisa mengurangi iritasi, dan juga luka akibat terkena pisau cukur. Oleh karena itu, maka sebaiknya Anda menggunakan sikat cukur yang lembut dan juga tahan lama.

4. Aplikasikan Gel Atau Krim Cukur Secara Melingkar.

Aplikasikan gel cukur pada wajah Anda menggunakan sikat cukur dengan gerakan melingkar ke atas. Hal ini dilakukan agar membantu janggut, kumis, atau rambut menjadi terangkat saat dicukur.

5. Gunakan Alat Cukur Yang Berkualitas Dan Gantilah Pisau Cukurnya.

Selalu gunakan silet atau pisau cukur yang berkualitas dan tajam. Pada saat mencukur, Anda tidak hanya memotong rambut, tetapi juga akan menggores lapisan terluar dari permukaan kulit. Pada saat Anda menggunakan pisau cukur atau silet yang tumpul, maka Anda akan merasa gatal, dan wajah akan ditumbuhi jerawat.

6. Gunakan Pisau Cukurnya Dengan Benar.

Sebaiknya pastikan bahwa cara bercukur Anda sudah benar. Idealnya mencukur yang tepat harus searah dengan tumbuhnya rambut, kumis, atau janggut Anda.