362 Warga Batu Bakal Seleksi Ikut Bela Negara

0
88
Thomas Maido (fathul)

MALANGVOICE – Penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan bela negara ternyata menarik banyak minat. Terhitung sudah 362 warga yang mendaftarkan diri, dan hari ini akan diseleksi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

“Kalau PNS di koordinir oleh BKD. Nah ternyata bela negara ini penting untuk masyarakat juga. Itu menjadi tugas kami untuk penjaringan,” ungkap Kepala Kesbangpol, Thomas Maido, kepada MVoice.

Kuota pelaksanaan bela negara dari masyarakat ini dibatasi 300 orang. Namun ternyata dalam dua minggu terakhir, 362 orang sudah daftar. Padahal sejak awal pendaftaran, tak satupun warga yang berminat mengikuti agenda ini.

“Awal-awal masyarakat khawatir program ini seperti wajib militer. Setelah kami beri penjelasan, bahkan sampai ke desa-desa akhirnya mereka faham bahwa ini seperti diklat pada umumnya namun titik tekan pada kecintaan tanah air,” papar Thomas.

Kepada warga yang ikut bela negara, disediakan uang transport harian sebesar Rp 60 ribu hingga 12 hari. Disediakan pula lencana dan seragam dinas lapangan lengkap. Sehingga banyak keuntungan untuk mengikuti program ini.

“Pendaftar dari berbagai kalangan, ada tokoh agama, mahasiswa, dosen, bahkan petani. Hari ini kami akan lakukan seleksi karena ada tim dari Rindam dan Dinkes yang akan memeriksa mereka,” tandas Thomas.