300 Warga Batu Diberangkatkan Bela Negara

0
226
Warga Batu yang ikut Bela Negara saat berbaris rapi dalam pembukaan (fathul)

MALANGVOICE – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberangkatkan 300 warga Kota Batu untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Bela Negara, di Halaman Balaikota Among Tani.

Ke-300 warga itu, kini memakai pakaian dinas lapangan dengan warna biru, dengan corak loreng seperti anggota TNI, karena mereka nanti akan dilatih di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam, oleh anggota TNI.

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, dalam sambutan yang disampaikan Komandan Kodim 0818 Letkol Inf Riksan Gumay, mengatakan, bangsa Indonesia sedang menghadapi persoalan karakter, sehingga masyarakat perlu dididik bela negara.

“Dalam kehidupan kita sehari-hari, sering dijumpai hal-hal sepele menjadi pemicu perkelahian. Karakter suatu bangsa yang santun dan solider hilang,” jelas ER melalui Dandim.

Dalam penyelenggaraan Diklat Kebangsaan ini, ER berpesan agar tetap berpegang pada 4 konsensus dasar bernegara, yaitu Falsafah Pancasila, Undang-undang 1945, Negara Kesatuan RI, dan Kemajemukan.

“Jalankan 4 konsensus ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agar bangsa Indonesia berkualitas dan bermartabat,” tandasnya.