30 Anggota PPK Jalani Wawancara Kompetensi Pemilu

0
64
KPU Kota Batu saat melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPK (Fathul)
KPU Kota Batu saat melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPK (Fathul)

MALANGVOICE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu instensif menyiapkan instrumen Pilkada 2017 mendatang. Hari ini, 30 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menjalani tes wawancara satu-persatu di hadapan lima komisioner KPU.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Saifudin Zuhri, mengatakan, dari 47 anggota PPK yang yang mengikuti tes tulis beberapa hari lalu, dipilih 30 besar terbaik, masing-masing kecamatan berjumlah 10 orang. Merekalah yang saat ini mengikuti tes wawancara.

“Ini adalah bagian dari tahapan penting Pilkada. Sekarang masih berlangsung untuk calon PPK dari Kecamatan Junrejo, sementara dari Batu dan Bumiaji baru selesai sebelum Magrib tadi,” ungkap Saifuddin kepada MVoice.

Materi yang diujikan dalam wawancara itu, lanjutnya, meliputi beberapa hal terkait pemilihan umum. Seperti kompetensi calon anggota sehingga ketika terpilih tidak gagap karena sudah memiliki bekal terkait pesta demokrasi itu.

“Sebenarnya ada tiga pengelompokan besar untuk tesnya, yaitu kompetensi, integritas, dan independensi. Namun hal itu diturunkan ke pertanyaan seputar moral dan etika, termasuk pengalaman dan penguasaan wilayah juga penting,” tandas Saifuddin.