Seluruh Anggaran Disetujui Pemkot Batu, KPU Jatim Kaget

0
96
Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito (fathul)
Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito (fathul)

MALANGVOICE – Pemkot Batu menyetujui seluruh anggaran yang diajukan KPU sebesar Rp 12,7 miliar. Dana itu tercermin dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang baru saja ditanda tangani Wali Kota Eddy Rumpoko.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, yang turut hadir menyaksikan penanda tanganan NPHD, mengaku kaget karena seluruh dananya disetujui. Karena selama ini, banyak daerah yang mengurangi dana yang diajukan KPU.

“Proses koordinasi antara KPU dengan Pemkot berjalan sangat baik hingga akhir April lalu sudah ada lampu hijau, dan sekarang di tanda tangani. Saya kaget semuanya disetujui,” ungkap Eko kepada wartawan di Block Office, beberapa menit lalu.

Ketika NPHD sudah ditanda tangani, maka tahapan Pilkada bisa dilaksanakan sesuai jadwal tahapan yang ada dalam PKPU (Peraturan KPU). Sesuai tahapan itu, harusnya NPHD disahkan maksimal tanggal 22 mei.

“Pilkada kemarin untuk Jawa Timur, total anggarannya mencapai Rp 592 miliar karena ada 19 kabupaten/kota yang melaksanakan dari 269 daerah. Sekarang dananya Rp 12,7 miliar karena Batu satu-satunya yang melaksanakan Pilkada dari 101 daerah yang Pilkada,” tandasnya.