217 Film Tampil di Ajang Festival Film Malang

0
14
Press Conference, Festival Film Malang, Programmer FFM sekaligus Filmaker Malang, Mahesa Desaga (tengah)

MALANGVOICE – Sebanyak 217 film turut serta dalam Festival Film Malang (FFM) 2016. Fokus utama festival ini, yakni apresiasi karya audio-visual karya Arek Malang untuk kategori kompetisi film pendek fiksi, film pendek dokumenter, film pendek animasi hingga film pendek kebudayaan Malang.

Programer FFM, Mahesa, menjelaskan, sebelum pelaksanaan FFM pada 28 Maret sampai 30 Maret mendatang, panitia sudah roadshow di 23 titik untuk sosialisasi. “Ini kami lakukan agar masyarakat paham tentang dunia perfilman lokal,” kata Mahesa.

Ada tiga juri yang nantinya jadi mengampu FFM ini, masing-masing Astu Prasidya, Taufan Agustiyan dan Yusuf Muntaha, yang sudah dikenal dalam dunia film. “Penjurian sudah dilakukan pada 25 Maret kemarin,” imbuhnya.

Film yang masuk ke panitia, nantinya dilakukan kurasi dengan menggunakan tolok ukur kategorisasi. Film itu juga dinilai dari kualitas serta isu sentral yang dibawa film tersebut.

“Tiga juri sudah siap menilai film yang masuk tersebut,” tandasnya.

Dijelaskan, dengan banyaknya layar yang memutar film pendek, maka hal itu tak lain adalah bentuk apresiasi terhadap karya filmaker Kota Malang. “Kalaupun ada film dari luar kota, itupun hanya pelengkap dan hanya kami beri satu sesi,” tandasnya.

Selain itu, selama ini filmaker Malang haus akan apresiasi, karena tidak memiliki ruang untuk menunjukkan karyanya. Karenanya dengan semangat kolaborasi seperti musik dan lainnya, dunia film bisa produktif.