2018, Kabupaten Malang Dapat Tambahan 31 Ribu Penerima PKH

Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa dalam acara pembagian PKH dan pencanangan Kampung Siaga Bencana, di Kabupaten Malang. (Miski)

MALANGVOICE-Kementerian Sosial RI menargetkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di tahun 2018 mencapai 10 juta. Saat ini, penerima PKH baru sebanyak 6 juta KPM.

Mensos RI, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, dari 6 juta penerima baru tersebut, sebanyak 31 ribu diberikan ke keluarga di Kabupaten Malang. Dengan harapan, keluarga-keluarga yang sebelumnya tidak tersentuh atau belum tersisir oleh PKH dapat menerima manfaatnya.

Saat ini, sebanyak 55.441 keluarga di Kabupaten Malang telah menerima PKH. Pencarian tahap ketiga ditargetkan tuntas bulan Agustus.

“Tambahan penerima baru ini diharapkan bisa menyisir keluarga yang masuk kategori, tapi tidak masuk di PKH awal,” katanya, disela kegiatan pencanangan Kampung Siaga Bencana dan pemberian secara simbolis PKH, Jumat (4/8).

Bukan berarti, penambahan jumlah penerima PKH di Kabupaten Malang lantaran tingkat kemiskinannya bertambah. Namun, lebih pada pemerataan mengingat penduduk Kabupaten Malang cukup banyak, tersebar di 33 kecamatan.

Khofifah berharap bantuan PKH nantinya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Jangan sampai, bantuan tersebut digunakan hal-hal yang tidak perlu.

“Besarannya Rp 1,5 juta. Harapannya, masyarakat punya tabungan. Target kami Agustus ini sudah selesai pencairan ke masyarakat,” papar Ketua Umum Muslimat NU itu.


Reporter: Miski
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti