2017, Pemkot Batu Anggarkan Rp27 Miliar untuk Pemeliharaan Jalan

Jalan rusak dan terdapat genangan air di sepanjang Jalan Raya Tlekung, Kota Batu.(miski)
Jalan rusak dan terdapat genangan air di sepanjang Jalan Raya Tlekung, Kota Batu.(miski)

MALANGVOICE – Pemkot Batu mengalokasikan anggaran sebesar Rp27 miliar di APBD 2017. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk pemeliharaan dan perawatan jalan.

Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang, Arif Assiddiq, mengatakan, besaran anggaran itu tidak terlepas dari banyaknya jalan yang harus dirawat. Selain jalan kota juga jalan desa dan permukiman menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Anggaran tersebut merata, tiap tahun berkisar Rp8 miliar di mading-masing kecamatan,” katanya, kepada MVoice, Sabtu (14/1), beberapa menit lalu.

Arif mengakui, banyaknya jalan rusak dan aspal mengelupas tidak hanya karena aktivitas volume kendaraan tinggi. Faktor lain karena banyaknya aktivitas kendaraan besar.

Diperparah, buruknya drainase karena tersumbat sampah dan material lain mengakibatkan air hujan tidak mengalir melewati drainase, melainkan mengalir deras di sepanjang jalan.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar senantiasa kerja bakti dan membersihkan lingkungan.

“Aspal mengelupas karena kerap digenangi air. Sejauh ini hasil pantauan kami demikian, salah satunya jalan di sekitar Alun-alun,” ungkap mantan Camat Batu ini.