2017, Batu Satu-Satunya Penyelenggara Pilkada di Jatim

0
222
Sigit Pamungkas. (istimewa)

MALANGVOICE – Pilkada serentak di Jawa Timur diikuti 19 daerah pada tahun 2015 lalu. Namun di tahun 2017 mendatang, hanya Kota Batu saja yang menyelenggarakan Pilkada bersama daerah dari provinsi lain.

Tentunya, semua mata akan memandang Kota Batu tahun depan. Penyelenggaraan harus betul-betul sesuai dengan motto Pemilu; terbuka, jujur, dan adil. Karena kesalahan apapun akan dapat menjadi perhatian.

Paling tidak begitulah analisa dari Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas, saat supervisi ke KPUD Batu. “Wilayah Batu memang kecil, namun tantangan sangat kompleks. Juga akan menjadi perhatian kalau melahirkan masalah,” ungkap Sigit.

Untuk itu, Sigit berharap dalam rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara harus benar-benar bermutu. Utamanya, merekrut orang baru yang punya dedikasi tinggi dalam menyukseskan Pilkada.

“Orang baru ini akan dikombinasikan dengan orang yang sudah pengalaman. Makanya kami minta 70 persen anggota PPK dan PPS harus orang baru. Akan ke depan tercipta penyelanggara yang punya pengalaman dan kemampuan memadai,” papar Sigit.