2016, Disbudpar Kota Malang Targetkan Kenaikan Jumlah Wisatawan

0
12
Kepala Disbudpar, Ida Ayu Made Wahyuni.

MALANGVOICE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, pada 2016 menargetkan penambahan jumlah wisatawan nusantara (wisnu) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Kepala Disbudpar, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan, penambahan wisnu akan dinaikkan menjadi 10 persen, sedangkan wisman ditarget naik 7 persen.

“Kami merancang beberapa terobosan untuk mendongkrak jumlah wisatawan,” kata Ida Ayu, beberapa menit lalu.

Salah satu upaya adalah mensuport even-even hotel yang selama ini memiliki kontribusi penting dalam menarik wisatawan. Dikatakan pula, promo wisata pendidikan, wisata heritage dan wisata budaya kini sedang digaungkan hinga luar negeri. “Kami juga kerjasama dengan himpunan pramuwisata,” tandasnya.

Ida Ayu juga menambahkan, keberadaan Ijen Boulevard, Bus Malang City Tour, dan beberapa taman lain, juga turut andil dalam menarik jumlah wisatawan. “Semua itu kami kemas dalam tagline Beautifull Malang,” imbuhnya.

Data Disbudpar sendiri menyebut, jumlah kedatangan wisatawan cukup fluktuatif tiap tahunnya. Tahun 2014 sebanyak 2.423.076 wisnus dan 6.205 wisman berkunjung ke Kota Malang. Sedangkan tahun 2015 lalu, jumlah wisman sebanyak 5.925 dan wisnus 2.494. 459.