2016, Dinas Peternakan Genjot Sentra Peternakan Rakyat

Kepala Dinas Peternakan, Sudjono.

MALANGVOICE – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang mengusulkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal pengembangam Sentra Peternakan Rakyat (SPR).

Usulan awal, SPR akan dilaksanakan di 10 kecamatan. Bila dana tidak mencukupi, prioritas di Kecamatan Ngajum dan Kalipare. Dua daerah itu memiliki potensi besar pembiakan sapi perah.

“Ini pertama kalinya, bila benar mendapat dukungan pusat, bentuknya pengoptimalan ternak di masyarakat,” kata Kadis Peternakan dan Keswan, Sudjono, beberapa menit lalu.

Pihaknya akan mengawal dengan kurun waktu 4 tahun. Tahun pertama pendampingan dan pembinaan, tahun kedua pemberian bantuan alat teknologi, tahun ketiga membentuk badan usaha (koperasi, CV dan PT milik bersama), dan terakhir pengembangan enterpreneur.

Selama ini peternak sekadar menjual hasil perahan tanpa tahu mengolah menjadi produk bernilai tambah. Dengan program itu, taraf hidup masyarakat bisa ditingkatkan. “Peternak bisa mengolah menjadi nilai tambah. Nanti dipasarkan sendiri dalam bentuk kelompok,” paparnya.-