18 Ribu Warga Kota Malang Terima Zakat, ‘Alon-alon, Awas mBah e Awas..!’

0
16

MALANGVOICE – Sejak pagi tadi kawasan Baiduri Sepah, Tlogomas, milik Wali Kota Malang, HM Anton, memang sudah dipadati warga penerima zakat. Bayangkan, 18.000 warga dari berbagai usia, mulai anak-anak hingga orang tua terlihat berkerumun, antri dengan tertib.

Tentu saja pemandangan menarik mewarnai kerumunan itu, ada yang terlihat sumringah karena giliran mendapat zakat sudah selesai. Ada juga yang ‘mbesungut’ karena kelurahannya belum juga dipanggil.

Zakat2

Zakat3

Zakat4

Zakat5

Meski sabar, panitia juga tampak kerepotan mengatur warga yang ‘bergeruduk’ memasuki ruang pembagian zakat. Sesekali panitia berteriak, “Alon-alon! Awas mbah e awas! Iku iku anak e kecepit awas,” begitu kata salah satu petugas.

Bagi warga yang sudah mendapat zakat, langsung dikoordinir dan dituntun koordinator kelurahan masing-masing menuju kendaraan umum dan pulang. Terlihat juga beberapa orang tua kerepotan tidak kuat membawa kresek zakat, sehingga harus dibantu warga lain.

Zakat6

Ibu-ibu juga sesekali berceletuk, “Uaboteeeee…. mbok talah Alhamdulillaaah…. He ewangono aku mas… mas!” timpal salah satu ibu yang kreseknya hampir jatuh karena berat.

Meski ramai, pembagian zakat hari ini berlangsung cukup tertib. Tidak ada warga yang pingsan karena berdesakan.