18 Ribu KIS Bakal Dilaunching di Batu

0
14
Frisca Prasetyo. (fathul)

MALANGVOICE – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Batu bakal merealisasikan 18 ribu Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan langsung dibagikan kepada warga kurang mampu, akhir tahun ini.

“Dalam waktu dekat kita launching. Datanya sudah kami terima dari Dinsosnaker. Saat ini tinggal tunggu tanda tangan pak wali, lalu kita bagikan,” jelas Kepala Layanan Operasional BPJS Kota Batu, Frisca Prasetyo kepada wartawan, di Balai Kota, beberapa menit lalu.

Jumlah warga Kota Batu yang diusulkan menerima KIS, kata Frisca, ada 38 ribu orang. Seluruh premi ditanggung negara, sebesar Rp 23 ribu per orang.

Sedangkan pencetakan kartu dilakukan di dua tempat, Jasindo dan di BPJS. Tapi, karena Jasindo belum siap, Kemensos meminta BPJS mengambil alih. ”Sehingga tahun ini akan kita realisasikan separuhnya dulu di Kota Batu,” jelasnya.

Soal tanggungan kesehatan warga yang tidak kebagian KIS, Frisca menyatakan, tetap mendapat pelayanan. “Kan masih ada kartu Jamkesmas. Itu masih berlaku sampai batas waktu tidak ditentukan, sampai mereka dapat KIS,” tandasnya.-