1500 Bibit Didatangkan dari Coban Trisula

0
130
Tim Nandur Bareng saat mengangkut bibit pohon kesek dari pusat pembibitan di kawasan Coban Trisula (fia)

MALANGVOICE – Kesek, pernah mendengar nama itu? Kesek merupakan salah satu jenis pohon endemik di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Tanaman yang memiliki nama latin Dodonaea Viscosa ini akan mendominasi kegiatan Nandur Bareng Republik Adventure pada 17 Februari mendatang di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Salah satu Founder Republik Adventure, Randy Igreya menjelaskan, banyak kelebihan yang dimiliki kesek sehingga dipilih menjadi bibit utama dalam aksi reboisasi hutan Desa Taji.

“Peluang hidupnya 90 persen. Pohonnya kuat dan usianya panjang. Selain itu, kayunya tidak mudah terbakar,” kata Randy.

Ia mengatakan, hari ini (Kamis, 11/2/2016) tim Nandur Bareng mulai mendatangkan bibit kesek dari pusat pembibitan tanaman konservasi TNBTS di kawasan Coban Trisula. Ada 1500 bibit kesek yang telah diangkut ke Desa Taji, Kecamatan Jabung.

“Ada penambahan bibit dari rencana awal 1400, kini bertambah menjadi sekitar 2000 bibit,” jelas guide river tubing ini.

Sementara itu, Nandur Bareng secara resmi mulai membuka pendaftaran peserta melalui jalur online. Masyarakat umum yang ingin bergabung bisa mendaftarkan diri di republikadventures.wordpress.com pada artikel ‘link pendaftaran peserta nandur bareng’.

“Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya, tetapi calon peserta harus terregistrasi karena yang mendaftar nantinya akan mendapat fasilitas makan siang,” pungkas dia.