11 Mobil Kas Keliling Siap Layani Penukaran Uang Baru

0
530
Peluncuran Mobil Kas untuk Penukaran Uang Baru di BI

MALANGVOICE – Warga Kota Malang yang hendak menukar uang baru pecahan Rp 2 ribu hingga Rp 100 ribu tak perlu lagi membeli di lapak yang ada di jalanan. Pasalnya, saat ini Bank Indonesia (BI) Malang bekerjasama dengan beberapa bank sudah menyiapkan 11 mobil kas yang disebar di sejumlah titik.

Kepala BI, Dudi Herawadi beserta jajaran dan perwakilan dari perbankan, pagi ini, melaunching mobil kas untuk penukaran uang tersebut, sekaligus memberangkatkannya.

Mobil2

Ada 11 titik dimana masyarakat bisa tukar uang baru, masing-masing di Pasar Murah Ramadan, Kantor Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kabupaten Malang, Kampus Universitas Brawijaya, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN), Bandara Abdurahman Saleh, dan beberapa titik lainnya.

Dudi mengatakan, setiap satu mobil kas perhari diberi jatah penukaran uang hingga Rp 1 miliar dan akan berlangsung hingga tanggal 29 Juni mendatang.

“Jadi untuk 11 mobil itu sudah kami siapkan Rp 73 miliar, dimana warga bisa menukar uang dengan gratis,” kata Dudi, usai launching, beberapa menit lalu.

Ia menambahkan, dalam mengawal mobil kas itu pihaknya bekerjasama dengan Polres Malang Kota dan Brimob, dimana satu mobil kas diberi pengamanan dua anggota di setiap titik.

“Ini juga merupakan langkah antisipasi kami terhadap tindak kejahatan,” imbuhnya.

Selain menyiapkan mobil kas keliling, Dudi menegaskan, warga juga bisa menukar uang baru di berbagai bank, sesuai jam operasional kantor. Khusus kawasan Malang Raya, BI sudah mendistribusikan uang baru sebesar Rp 2,3 triliun sedangkan di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar Rp 15 miliar.

“Kami juga antisipasi terhadap penukar uang dalam jumlah besar, karena bisa jadi mereka adalah pengepul yang nanti uang baru akan dijual kembali kepada masyarakat,” tukasnya.