100 Siswa SMA/SMK Ikuti Penyuluhan Anti Narkoba dan Pernikahan Dini

0
22
Suasanya penyuluhan siswa SMA/SMK se Kota Malang. (deny)

MALANGVOICE – Sebanyak 100 siswa SMA/SMK se-Kota Malang mendapat pembinaan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), BNN, Kemenag, dan Dinas Pendidikan Kota Malang, demi mewujudkan Kota Malang Bermartabat. Acara digelar di Hall Hotel Trio Indah 2, hari ini.

Para siswa terdiri dari anggota OSIS, Badan Dakwah Islam maupun organisasi lain yang ada di lingkungan sekolah. Mereka juga diajari tentang bahaya narkoba, miras, dan diberi pengetahuan tentang pernikahan dini serta perkawinan.

Kepala Dindik Kota Malang, Zubaidah, mengatakan kegiatan yang baru pertama kali digelar ini diharap bisa membantu membangun karakter bangsa yang terbebas dari hal negatif.

“Pemuda nanti menjadi orang yang berkarakter, bebas narkoba dan bebas korupsi. Ini adalah tantangan berat karena mereka masih tahap labil, karenanya, dari sini bisa mengubah pribadi para siswa,” katanya.

Salah satu materi krusial yang disampaikan, RM Achjadi, penyuluh BNN Kota Malang, menjelaskan bentuk penyalah gunaan dan bahaya menggunakan narkotika.

“Saat ini penyalahgunaan narkoba bukan lagi masuk kategori kenakalan remaja namun sudah masuk pada ranah tindak pidana kriminal. Karena para pelaku penyalahgunaan narkoba diancam hukuman penjara sesuai dengan Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,’ ujar Achjadi dalam penyampaian materi di hadapan para pelajar.-