100 Pelaku UKM Kota Batu Diajari Jualan Online

0
172
Produk yang dipamerkan di PLUT saat pelatihan UMKM (fathul)

MALANGVOICE – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batu kembali memberikan pelatihan kepada pelaku usaha kecil dan menengah. Kali ini, mereka kerja sama dengan ukmmarket.com yang didirikan oleh pentolan Kadin Jakarta.

Kepala Bidang UMKM, Adiek Iman Santoso, menjelaskan, produk UKM di Kota Batu sangat banyak dan beragam sehingga perlu terobosan baru agar semuanya laku. Khusus soal pemasaran, berjualan online adalah satu solusi yang ditawarkan.

“Program ini bernama Catch (community channel and total channel, red) yang memang bertujuan menghubungkan pelaku usaha ke pemasaran yang lebih luas,” jelas Adiek kepada MVoice di sela-sela pelatihan di PLUT.

Ditambahkan, dengan sadar berjualan online, pelaku usaha tidak akan terpaku menjual produknya di lingkungan lokal. Tapi juga akan meningkatkan penjualan sampai luar kota dengan bantuan website yang telah disediakan.

“Kami bekerja sama dengan ukmmarket karena di sana tidak ada biaya sama sekali, bahkan profit sharing. Sehingga berjualan di situs ini tak akan rugi, bahkan untung. Karena tidak ada biaya tambahan,” sambung Adiek.

Target dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan ini, lanjut Adiek, memang 100 pelaku usaha. Namun tidak menutup kemungkinan, akan dilaksanakan pelatihan berikutnya sehingga terobosan ini bisa dirasakan seluruh pelaku UMKM.

“Bagi peserta yang ikut seminal dan pelatihan ini, akan diberikan prioritas berjualan di ukmmarket. Syaratnya ya cuma ikut seminar, foto kopi rekening halaman depan, dan KTP. Simpel dan menguntungkan,” tandasnya.