1 Jam Ngalam Petengan, Setara Hemat Energi untuk 350 Desa

0
17
Earth Hour (Anja)

MALANGVOICE -Malam ini Earth Hour (EH) Malang menggelar acara puncak Aksi Hijau Switch Off, yakni memadamkan lampu selama satu jam.

Humas EH Malang, Aldike Wandari, mengatakan, acara tahun ini berbeda konsep dari tahun kemarin.

“Tahun kemarin kita nyalakan lilin saat pemadaman, tapi ternyata asap lilin masih menyisakan limbah bagi lingkungan. Makanya kita nanti nyalakan lampu LED saja nanti waktu puncak acara,” kata dia beberapa menit lalu, saat ditemui MVoice di Balai Kota Malang.

Earth Hour (Anja)
Earth Hour (Anja)

Pemadaman akan dilaksanakan pukul 20.30 – 21.30 WIB. Semua lampu di maskot Kota Malang yaitu gedung Pemkot, Simpang Balapan, dan Ijen akan dimatikan. Pemadaman lampu selama satu jam ternyata setara dengan menghemat energi untuk 350 desa.

Acara juga diramaikan Football freestyle, Tari Saman dari FEB UB, Komunitas Ocarinesia, Wak Up Iris!, dan duta-duta Earth Hour.

“Ada beberapa pameran dari kampung hijau Glintung, SMA 10 Malang, dan didukug DU Group and ES File dan WWF Indonesia,” tambah Dike.

Dari pihak pemerintah, EH Malang didukung DKP Kota Malang dan Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah).

“Harapannya, masyarakat ikut berpartisipasi mematikan lampu satu jam ini dan menulai gaya hidup hijau dari sekarang. Selain itu kita mendukung kebijakan pemerintah diet kantong plastik. Jadi dengan kegiatan kecil bisa berdampak besar,”

Setelah Switch Off, EH Malang akan tetap terus menggalakkan aksi hijau dan edukasi hijau masyarakat terutama sekolah-sekolah.